Pengertian pemeranan



Pemeranan, seni peran atau akting merupakan unsur utama dalam seni teater. Pemeranan adalah ilmu dan seni dalam membawakan suatu peran atau tokoh. Pemeranan adalah keterampilan dalam melakukan, bertindak, berbuat seolah-olah menjadi dengan karakter atau watak tokoh sesuai kebutuhan pentas secara tepat, logis, etis, estetis, dan mempesona. Pemeranan dilakukan oleh seorang atau beberapa orang pemeran. Pemeran dalam seni teater disebut juga dengan istilah tokoh, aktor, aktris, atau pemain. Seorang pemeran yang baik harus rajin berlatih, bekerjasama, berinisiatif,serta memiliki kesadaran akan potensi diri sendiri dan potensi teman dalam menciptakan irama dan suasana permainan dalam seni peran.
Unsur pemeranan meliputi ekspresi tubuh, ekspresi wajah, ekspresi suara, ekspresi irama permainan seni peran penghayatan peran, kostum, dan peralatan ( handprop ) pemeran.
Teknik dasar pemeranan meliputi olah tubuh, olah suara, olah rasa, dan olah ruang.
Kreativitas pemeranan dalam seni teater dapat dilakukan dengan langkah-langkah atau prosedur sebagai berikut : memilih dan menentukan naskah, membaca naskah ( reading ), pembagian peran/tokoh (casting), menganalisis peran/tokoh, menghafal naskah, mengamati watak tokoh, mengeksplorasi pemeranan dengan dialog dan teknik pemeranan melalui latihan individu dan kelompok, menyeleksi watak tokoh, menyusun watak tokoh, menggabungkan watak tokoh dengan unsur pemeranan dalam latihan kelompok, membentuk ( gladi kotor dan gladi bersih ) pemeranan sebagai hasil latihan kelompok, menampilkan pemeranan kelompok dengan lisan dan tulisan, dan memaknai pembelajaran pemeranan.  

...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANYA...

Share this

Related Posts

First