Contoh Laporan Kunjungan Industri ke PT. Intercallin

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. INTERNATIONAL CHEMICAL INDUSTRI (INTERCALLINE)

Disusun Oleh :
Ilham Nugraha
Rekayasa Perangkat Lunak



SMK KORPRI SUMEDANG


 KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada Alloh SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas laporan Kunjungan Industri yang telah dilaksanakan di PT INTERNATIONAL CHEMICAL INDUSTRY pada tanggal 29 november 2016 dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Dengan begitu saya dapat menyelesaikan laporan Kunjungan Industri ini.
Dalam penulisanan laporan ini saya merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan pembuatan laporan ini. Dalam penyusunan laporan ini saya meminta maaf atas segala kekuranganya.

Sumedang, 5 Desember 2016

Penyusun






Daftar Isi
Kata Pengantar.................................................................................................................. 1                                       ...........................................................................................................................................     
Daftar Isi........................................................................................................................... 2                                       ...........................................................................................................................................                                         

Bab 1 Pendahuluan
1.1. latar belakang kunjungan industri                                                                               3                          
1.2. tujuan kunjungan industri                                                                                            3
1.3. manfaat kunjungan industri ....................................................................................... 3              
1.4. waktu pelaksanaan                                                                                                      3

Bab 2 Gambaran Umum
2.1. sejarah perusahaan                                                                                                       4
2.2. visi dan misi persahaan .............................................................................................. 5
2.3.alur produksi                                                                                                                 5

Bab 3 Laporan
3.1. pelaksanaan kegiatan                                                                                                   6
3.2. hasil kegiatan /ilmu yang didapat  ............................................................................. 6
3.3. pertanyaan­-pertanyaan  .............................................................................................. 8

Penutup
4.1. kesimpulan ................................................................................................................. 10
4.2. pesan dan kesan                                                                                                               10


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang kunjungan industri
·         Adanya kurikulum yang mengharuskan untuk mengikuti kunjungan industri.
·         Merupakan kegiatan rutinitas bagi seluruh siswa kelas x.
1.2.Tujuan kunjungan industri
·         Mengenal  dunia kerja
·         Menambah pengetahuan
·         Melaksanakan tugas sekolah
·         Mengetahui proses pembuatan suatu produk /barang
·         Menambah pengalaman
1.3.Manfaat kunjungan industri
·         Mengetahui proses pembuatan suatu produk sampai memjadi siap untuk dipasarkan.
·         mendapatkan ilmu berwirausaha
1.4.waktu pelaksanaan
Kunjungan industri dilaksanakan pada hari selasa,29 November 2016.
pada jam 8 pagi, ketika di perusahaan.



BAB 2
GAMBARAN UMUM

2.1.Sejarah perusahaan
    PT.INTERNATIONAL  CHEMICAL INDUSTRY(PT.INTERCALLIN), perusahaan yang memproduksi baterai ini dulunya hanyalah perusahaan keluarga. Pada tahun 1959 perusahaan ini membangun pabrik pertama di medan kemudian tahun 1982  membangun pabrik kedua di jakarta dan pada tahun  1982 membangun pabrik ke tiga di surabaya.pabrik dimedan untuk daerah sumatra,pabrik kedua untuk daerah jawa dan kalimantan barat,dan pabrik ketiga yang berada disurabaya ini untuk daerah indonesia timur dan bali.
Tujuan dibangunya pabrik-pabrik ini adalah agar adanya perkembangan pasar yang terus meningkat. Dijakarta PT.intercalin ini memproduksi baterai berjenis alkalin dan carbon zinc sedangkan untuk pabrik disurabaya dan medan hanya memproduksi carbon zinc saja.sekarang PT.intercallin ini sudah bisa membuat assembling baterai sendiri.
Sejarah pembuatan baterai jenis alkalin, awalnya tahun 1980 menginfor baterai jenis alkalin dari negara jepang,kemudian tahun 1990 PT alkalin mengundang perusahaan jepang (FDK),dan bekerjasama dengan perusahaan jepang tersebut dan pada tahun 1998 PT intercallin ini mandiri bekerja sendiri. Mulai tahun 1995menerapkan sistem standard mutu internasional (ISO.9000) pada tahun yang sama diperiksa dan mendapatkan sertifikat ISO dari SAI australia dab BSI indonesia,kemudian tahun 2004 baru PT.intercallin mendapatkan gelar ramah lingkungan (ISO.14001).
PT.intercallin ini bekerjasama mendistribusi ke daerah lokal dan internasional.untuk daerah lokal:
·         PT.ARTA BOGA CEMERLANG
·         PT. ASIA SEJAHTERA PERDANA PHARMACEUTICAL       
Untuk daerah internasional mendistribusi sampai ke 5 benua:
·         Benua Amerika
·         Benua Eropa
·         Benua Asia
·         Benua Australia
·         Benua Afrika
PT.intercallin ini telah memperoleh penghargaan 15 th berturut-turut dari ICSA.
Selain itu  PT.intercallin selalu mengadakan kegiatan sosial ,events,dan promo.

Sosial: khitanan massal
Events: lomba tamiya
Promo:Lucky dip di toko-toko swalayan.

2.2.Visi dan misi perusahaan
VISI
PT.International Chemical menjadi produsen terdepan dalam produk energi ramah lingkungan yang berkualitas pilihan utama konsumen.
MISI
1.Berkomitmen pemproduksi dan mengembangkan baterai kering yang berkualitas dengan teknologi modern serta proses yang aman dan ramah lingkungan secara efektif dan efisien.
2.mengembangkan sistem menejemen terintegrasi dan SDM yang unggul,memperluas pasar, memelihara kepuasan serta loyalitas pelanggan.
2.3.Alur produksi
PT. Intercallin memproduksi baterai jenis alkaline dan carbon zinc.Awalnya PT.intercallin hanya memproduksi baterai jenis carbonzinc tapi karena kebutuhan pasar yang membutuhkan
Baterai dengan daya yang tinggi jadi PT.intercallin  berusaha membuat baterai dengan daya tinggi  selama 18 tahun belajar,akhirnya PT.inercallin dapat menciptakan baterai berjenis alkalin.ada beberapa tahap yang dilalui dalam membuat 1 baterai mulai carbon yang berbentuk serbuk yang yang kemudian dibentukseperti tabung kecil-kecil kemudian dimasukan kedalam seng yang telah dibentuk tabung yang  asalnya  hanya selembaran.kemudian dimasukan zat-zat kimia lainya seperti cathoda,anoda, dan elektrolite.setelah itu dibungkus deangan plastik agar tidak bocor,karena setelah habis baterai akan mencair didalamnya.kemudian diberi tutup ujung kiri dan kananya dan diberi kutub utara kutub selatan kemudian diberi jaket/dibungkus lalu dipacking.diproses packing ini akan diseleksi baterai dengan tegangan tertentu apabila kurang maka baterai akan memisahkan diri dan dua hari selanjutnya akan diisi kembali.


BAB 3.
LAPORAN

3.1.Pelaksanaan kegiatan
     Kunjungan industri dilaksanakan pada tanggal 29 november 2016,berangkat pukul wib 00:30 dari sumedang,di masjid istiqlal pukul 04:05 kemudian berangkat keperusahaan pukul 06:30 sampai diperusahaan 07:30 lalu keluar dari perusahaan pukul 12:00 langsung pergi ke ancol,keluar dari ancol pukul 15:00 kemudian masuk bis untuk pulang dan sampai di sekolah pukul 22:00.
3.2.hasil kegiatan / ilmu yang di dapat
Baterai adalah suatu yang bisa mengubah energi kimia melalui proses elektrokimia menjadi energi listrik.baterai terdiri dari satu cel atau lebih.lalu jika kita ingin mencari peluang dalam berjualan sebaiknya kita jual ke orang orang yang paling membutuhkan dan paling sering menggunakan barang sejenis produk yang akan kita jual.
Jenis-jenis baterai berdasarkan kemampuanya:
·         Primary/Primer baterai dengan kemampuan sekali pakai seperti;carbonzinc (baterai radio) , alkalin (baterai kamera), dan silver oxiode (baterai jam tangan).
·         Secondary/sekunder baterai dengan kemampuannya bisa diisi ulang seperti; nickel cadmium,nickel metal,hydro (Ni-MH) ,litium,dan ion.

Jenis-jenis baterai berdasarkan perubahanya:
·         Dry cell,adalah baterai kering contohnya; carbonzinc dan alkalin.
·         Wet cell,baterai basah contohnya accu

Bahan-baku baterai:
No
Bahan
Carbonzinc
Alkaline
 1
Cathoda
Mangan dioxide
Mangan dioxide
 2
Anode
Zinc
Zinc
 3
Elektrolit
Zinc
Potassium hydroxide
Perbandingan alkaline dan carbonzinc:
1.annode,zinc dalam bentuk powder.
2.bahan baku lebih murni.
3.isi bahan lebih banyak.
Penerapan alkaline dan carbonzinc
No
Alkaline
Carbonzinc
 1
Kamera
Radio
 2
Tamiya
Senter
 3
workpon
Kalkulator
 4
Tab
Jam dinding

Alkaline ramah lingkungan
·         Produknya: tidak ada bahan penambahan yang bersifat racun seperti: mercury dan cadmium
·         Prosesnya: berdasarkan standard manajement lingkungan ISO 14001,dan dibuatdengan higienis agar tidak ada bahan lain yang masuk kedalam baterai.
·         Limbahnya: dikelola dengan baik limbah padat,cair dan gas.
Cara memakai baterai yang benar adalah;
1.kutubnya harus berlawanan seperti: kutub positif dengan positif.
2.menggunakan baterai baru dengan baru.
3.tidak menggunakan baterai merk ABC dengan merk lain.
4.tidak mencampur baterai dengan jenis alkalin dengan carbonzinc
5. menggunakan baterai sesuai dengan alatnya yang cocok.





Produk-produk alkalin diluar negeri dengan merk berbeda;
Alkalin
Carbonzinc
Maxell
Sanyo
Fujitsu
Toshiba
Kodak
Wurth
Sony
Gp ultra
Wallgreen



3.3.Tanya jawab
1.Nunung nurhidayat dari kelas X RPL 1: Apakah ada pelatihan khusus untuk karyawan bekerja?
  Jawaban: ada pelatihan atau trening yang dikelola oleh perusahaan seperti orang mekanik pelatihanya di bidang mekanik dan orang-orang packing ada pelatihan khusus.
2.Bayu anggara dari kelas X RPL 2: adakah aplikasi komputer yang digunakan diperusahaan ini? Jika ada apa aplikasinya?
  Jawabanya: ada, aplikasi yang digunakanya buat sendiri yaitu ISA.
3.Deri suhendar dari kelas X TITL: apakah jurusan SMK bisa bekerja diperusahaan ini dan apa syarat-syarat yang harus dipenuhi?
  Jawaban: persyaratanya disesuaikan dengan skil tertentu karena persyaratan menjadi operator dan mekanik berbeda tapi minimal lulusan SMK/SMA sedearajat.selain itu kriteria yang diingingkan perusahaan hanya tiga:
Ø  Skil / kemampuan
Ø  Kedisiplinan
Ø  Etika
 4.Neng novi dari kelas XTITL: berapa lama ketahanan/kekuatan baterai bila tidak dipakai?
  Jawabanya: sesuai kadaluarsa yang tertera  pada baterainya.
5.Ina daina dari kelas XRPL2: Apakah karyawan disini diberi jaminan ketenagakerjaan oleh perusahaan?

  Jawabanya: ada pemberian BPJS seperti;
·         Jaminan hari tua
·         Jaminan kecelakaan
·         Jaminan pensiun
·         Jaminan kematian
 5.Siti nuraisyah dari kelas X RPL 1: berhubungan dengan aplikasi pada komputer apakah diperusahaan ini dalam proses pengabsenan dan panggajian karyawan ?
Jawabanya : menggunakan paraf para karyawan,tapi dengan dengan menggunakan scenn/sidik jari, dan dalam penggajian karyawan juga tidak manual uang cas tapi melalui ATM. 


  
PENUTUP
4.1.KESIMPULAN
      Dari ulasan di atas mengenai modifikasi lingkungan dan penyusunan strategi pemasaran oleh  PT.international chemical industry untuk mencapai sasaran  dapat disimpulkan  bahwa penjagaan dan penigkatan  mutu produk merupakan faktor utama untuk meraih kepercayaan konsumen.perusahaan yang peduli akan lingkunganya,lingkungan kerja karyawan maupu lingkungan masyarakat, akan disukai oleh konsumenya,sebab konsumen sekarang semakin sadar akan lingkunganya.inovasi produk sesuai apa yang dibutuhkan konsumen menjadi penting untuk tetap menjaga kesetiaan konsumen,sebab apa yang dibutuhkan konsumen mamputerpenuhi oleh perusahaan kegiatan promosi melalui iklan maupun program undian berhadiah menjadi cara wajib untuk merangsang konsumen selalu menggunakan produk PT. Iternational chemical industry.

4.2..KESAN PESAN
 Kesan : pengalaman pertama kunjungan industri keperusahaan sangat mengesankan andaikan saya bisa bekerja diperusahaan nantinya mungkin seperti itu,kami semua juga diperlakukan dengan sangat baik oleh pihak perusahaan.
Pesan : untuk pihak sekolah pada saat di bus mohon untuk panitia disebar pada ada yang didepan,ditengah,dan dibelakang karena masih ada siswa yang membawa rokok saat kunjungan industri.



Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »